Pemanfaatan Benang Wol Menjadi Gelang yang Bernilai Jual

Authors

  • Ardina Anwar Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Nurazizah Alkaisa Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Wiwik Wiranti Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Sapar Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i1.221

Abstract

Pemanfaatan  benang wol menjadi gelang yang bernilai jual. Tujuan program kreativitas mahasiswa – kewirausahaan (PKM-K) adalah membangkitkan motivasi mahasiswa untuk berwirausaha dalam mengolah benang wol menjadi gelang yang bernilai jual.  Metode pelaksanaan program ini adalah input, proses (produksi), output, dan evaluasi. Hasil program ini adalah input, melakukan survei pasar untuk mengetahui kondisi pasar. Selanjutnya melakukan wawancara kepada lima mahasiswi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Palopo. Selanjutnya adalah studi kelayakan terhadap usaha yang akan dijalankan. Tahap terakhir adalah pemilihan bahan dan penyediaan tempat serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses produksi. Proses (produksi), proses pembuatan gelang mulai dari persiapan bahan dan alat sampai benang wol siap dipasarkan. Output, yaitu hasil kerajinan benang wol yang  siap  digunakan dan dipasarkan kepada konsumen. Yang terakhir adalah evaluasi, yaitu tahapan ini dilaksanakan pada saat produksi  produk  benang wol telah  selesai dilakukan. Pada tahap ini akan meninjau tentang kekurangan-kekurangan apa saja yang membuat konsumen tidak nyaman menggunakan produk kami. Kesimpulan program PKM-K pemanfaatan benang wol menjadi gelang yang bernilai jual dapat memberikan keterampilan  kepada  mahasiswa  untuk  tetap inovatif dan kreatif dalam mengolah benang wol, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk praktik wirausaha dengan pemahaman konsep wirausaha yang komprehensif, dan membangun semangat mahasiswa untuk tetap berbisnis.

Downloads

Published

2023-07-21

How to Cite

Ardina Anwar, Alkaisa, N., Lisdayanti, Wiwik Wiranti, & Sapar. (2023). Pemanfaatan Benang Wol Menjadi Gelang yang Bernilai Jual. Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i1.221