Pendidikan Management Waktu Pada Anak-Anak TPQ Al-Rahman Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Dengan Metode Murojaah
DOI:
https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i3.375Keywords:
manajemen waktu, metode murojaah, hafalan alquranAbstract
Manajement waktu merupakan keterampilan penting yang memengaruhi keberhasilan dan perkembangan pribadi anak-anak, di TPQ AL-RAHMAN, sebagian anak-anak belum bisa mengatur waktu dengan baik, hal ini dapat diketahui dari kondisi anak yang belum dapat menyelesaikan tugas tepat waktu, memilih bersantai-santai dan bermain sehingga anak tidak merasa cemas dan stress karena tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu, untuk itu perlunya bagi anak-anak untuk memahami management waktu. Pengabdian luaran jurnal yang penulis lakukan termasuk dalam pengabdian lapangan. Pengabdian lapangan yaitu terjun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi dan mengumpulkan berbagai data yang dibutuhkan untuk menjawab solusi dari permasalahannya. Jenis metode pengabdian ini adalah pengabdian survei. TPQ AR-RAHMAN merupakan wadah untuk anak-anak menghafal Al-Qur’an, lam pelaksanaan menghafal Al-Qur’an terdapat beberapa metode yang diterapkan, salah satunya yaitu metode MUROJA’AH. Menghafal Al-Qur’an bukanlah hal yang impossible atau mustahil dan merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Bagi orang Islam yang ingin melakukannya, Allah telah memberi garansi akan mudahnya Al-Qur’an untuk dihafalkan. Muroja’ah atau mengulang-ulang hafalan baik hafalan baru atau lama adalah hal yang terpenting dalam menghafal Al-Qur’an, Subhan Abdullah (2022). Tidak mungkin bisa menghafal Al-Qur’an tanpa melakukan muroja’ah. Kegiatan mengulang hafalan sangat menjaga hafalan dari hilang dan lepas.