Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Interaktif Pada Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Christofer Satria Universitas Bumigora
  • Hasbullah Hasbullah Universitas Bumigora
  • Anthony Anggrawan Universitas Bumigora
  • I Nyoman Yoga Sumadewa Universitas Bumigora
  • I Nyoman Subudiartha Universitas Bumigora

DOI:

https://doi.org/10.57248/jilpi.v3i2.471

Keywords:

Pelatihan Media, Animasi Interaktif, Pembelajaran, SMK, Kota Mataram.

Abstract

Perkembangan teknologi AI yang pesat mempermudah pengembangan media, namun tidak semua guru SMK mampu mengikutinya. Tulisan ini bertujuan mendampingi pembuatan media pembelajaran animasi interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Kota Mataram. Media ini diharapkan meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman siswa terhadap materi teknis yang kompleks. Metode pengembangan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah model Klasikal dan simulasi yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan media, pengembangan produk, uji coba lapangan, serta evaluasi dan revisi. Hasilnya, media animasi interaktif dinilai efektif meningkatkan pemahaman konsep, menarik minat siswa, dan membuat mereka lebih aktif dalam belajar. Uji coba menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar dibanding metode konvensional. Kesimpulannya, media animasi interaktif memberikan dampak positif pada kualitas pembelajaran di SMK dan diharapkan dapat diadopsi lebih luas untuk mendukung pembelajaran inovatif dan efektif.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Satria, C., Hasbullah, H., Anggrawan, A., Sumadewa, I. N. Y., & Subudiartha, I. N. (2024). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Interaktif Pada Sekolah Menengah Kejuruan . Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 3(2), 61–70. https://doi.org/10.57248/jilpi.v3i2.471