Pelatihan Computational Thinking Guru Sekolah Dasar Di Lingkungan Gugus 03 Tanjung Lombok Utara

Authors

  • Diah Supatmiwati universitasBumigora
  • Ismarmiaty Ismarmiaty Universitas Bumigora
  • Kartarina Kartarina Universitas Bumigora
  • Hilda Hastuti Universitas Bumigora
  • Ria Rismayati Universitas Bumigora
  • I Made Yadi Dharma Universitas Bumigora

DOI:

https://doi.org/10.57248/jilpi.v3i4.575

Keywords:

Computational Thinking, Tantangan Bebras, Penguatan, Berpikir kritis

Abstract

Biro Bebras Universitas Bumigora melaksanakan sosialisasi dan pelatihan Computational Thinking (CT) untuk guru-guru Sekolah Dasar di Gugus 03 Nusantara, Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan CT dalam pembelajaran dan membantu siswa mengembangkan kemampuan CT. Metode yang digunakan adalah metode penguatan, dimana guru diberikan pemahaman dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan CT. Tujuan kegiatan ini adalah: (1) mensosialisasikan CT di sekolah dasar, (2) melakukan pelatihan penerapan CT dalam berbagai mata pelajaran, dan (3) mengadaptasikan CT pada siswa melalui Mini Challenge dan Tantangan Bebras. Kegiatan ini telah selesai dilaksanakan dan mendapatkan respon positif dari Dinas Pendidikan dan guru-guru Sekolah Dasar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa target yang ditetapkan telah tercapai. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih penguatan kemampuan guru dan peningkatan kemampuan siswa dalam CT, yang merupakan salah satu kebutuhan penting kemampuan keilmuan di abad 21. Dengan demikian, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Lombok Utara.

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

Supatmiwati, D., Ismarmiaty, I., Kartarina, K., Hastuti, H., Rismayati , R., & Dharma, I. M. Y. (2025). Pelatihan Computational Thinking Guru Sekolah Dasar Di Lingkungan Gugus 03 Tanjung Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 3(4), 321–334. https://doi.org/10.57248/jilpi.v3i4.575