Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.57248/jishum.v1i3.142Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aktivitas yang telah berlangsung berabad-abad lamanya di masyarakat. Bahkan diyakini bahwa pendidikan telah berlangsung sejak manusia ada dalam rangka mengenal dirinya sendiri dan lingkungannya demi memajukan peradabannya menuju yang lebih baik. Pendidikan karakter merupakan salah satu bentuk perwujudan hasil Program Nasional yang diselenggarakan oleh Kemendiknas pada tanggal 14 Januari 2010 sebagai gerakan nasional.. Pembelajaran sejarah merupakan salah satu komponen yang penting dari sistem kegiatan pendidikan, dimana dalam pembelajaran sejarah merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan integritas dan kepribadian bangsa melalui proses belajar-mengajar dalam konteks yang lebih sederhana, selama ini pendidikan karakter hanya dibebankan pada dua mata pelajaran saja yaitu mata pelajaran Agama dan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKN), khususnya terkait dengan akhlak dan budi pekerti peserta didik. Oleh karena itu dengan memasukan pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran sejarah akan mendorong pembentukan karakter itu sendiri, ditambah lagi peserta didik kelas X yang masih dalam masa transisi yang mana dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), dan juga melihat kondisi saat sekarang ini kegiatan pembelajran baru memasuki tahap pembelajran tatap muka terbatas. Artinya selama covid-19 melanda Indonesia, peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran secara online atau dalam jaringan, hal ini tentu menyebabkan pendidikan karakter di sekolah tidak optimal. Selain itu ketika hanya menggantungkan pembentukan karakter peserta didik hanya melalui pembelajaran Agama dan Pendidikan Kewarganegaran (PKN) saja tidak cukup. Dengan demikian, penulis tertarik untuk menulis kajian mengenai pendidikan karakter ini. Banyak faktor yang menjadi pendorong dalam pembuatan penulisan ini, diantaranya yakni SMA Negeri 5 Pekanbaru yang diteliti ini berada Pekanbaru, belum banyak dilirik para peneliti lainnya dalam hal konteks pendidikan karakternya dalam pembelajaran sejarah, maka dari itu penulis memilih SMA Negeri 5 Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengetahui perencanaan guru sejarah dalam melaksanakan pendidikan karakter di SMA Negeri 5 Pekanbaru 2) Mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 5 Pekanbaru 3) Mengetahui evaluasi guru sejarah pada saat penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah yang dikembangkan oleh guru yang berorientasi pada pendidikan karakter di SMA Negeri 5 Pekanbaru. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Pendidikan karakter di SMA Negeri 5 Pekanbaru selama masa peralihan sudah terlaksana tetapi dari delapan belas indikator hanya sembilan indikator yang diterapkan.
Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah.