Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IPS SMAN 3 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57248/jishum.v1i3.67Keywords:
model pembelajaran, resource based learning, hasil belajar, pembelajaran sejarahAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya memanfaatkan sumber-sumber belajar yang telah tersedia dan siswa tidak memiliki keterlibatan untuk menemukan dan merumuskan sendiri informasi sebagai bahan pengajaran, sehingga membuat siswa kurang aktif dan cenderung pasif. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (treatmen) dengan sesudah diberikan perlakuan (treatmen) serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 3 Dumai. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-eksperimen) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan desain pretest-postest control group design. Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPS SMAN 3 Dumai, dimana XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Independent Samples T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Resource Based Learning terhadap hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 81,73 dan 70,38 untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa model Resource Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar sejarah siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Resource Based Learning, Hasil belajar, Pembelajaran Sejarah