Studi Tentang Konsep-Konsep IPA Dalam Buku Pelajaran Sekolah Dasar Yang Mengalami Miskonsepsi
DOI:
https://doi.org/10.57248/jishum.v1i4.248Keywords:
miskonsepsi, buku pelajaran, ilmu pengetahuan alamAbstract
Penelitian dengan judul Studi Tentang Konsep-Konsep IPA Dalam Buku Pelajaran Sekolah Dasar Yang Mengalami Miskonsepsi ini bertujuan untuk: mengetahui status konsep IPA dalam buku pelajaran sekolah dasar yang mengalami miskonsepsi. Materi apa saja yang mengalami miskonsepsi pada buku pelajaran IPA sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah analisis isi buku yang diteliti dengan buku sumber. Pada penelitian ini data dikumpulkan dengan teknik analisis pada buku, dengan instrument lembar analisis pada buku teks dan buku sumber. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang mengacu pada kategori misidentifiction, overgeneralization, oversimpelfications, obselete concept and term dan Undergeneralizations. Penelitian yang sudah dilakukan untuk mendapatkan data hasil analisis pada buku (BSE) IPA dan juga buku-buku referensi yang lainnya. adapun hasil dari penelitian tersebut terdapat konsep yang mengalami miskonsepsi berjumlah 8 konsep, sedangkan konsep yang benar berjumlah 7 konsep. Kesimpulan pada penelitian ini adalah dari 15 konsep yang dianalis dari buku BSE IPA kelas 4 terdapat kebenaran konsep berjumlah 7 konsep sedangkan konsep yang miskonsepsi berjumlah 7 konsep. Adapun konsep-konsep yang mengalami miskonsepsi adalah indera penglihatan, kornea, lensa, indera pendengar telinga bagian luar, indera peraba, bagian-bagian tumbuhan (batang), metamorfosis sempurna, rantai makanan, gaya, penyebab perubahan lingkungan (angin), energi, simbiosis mutualisme, simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, dan skoliosis.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Buku Pelajaran IPA.