Pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan siswa kelas II pemecahan soal cerita matematika di SDN Kutisari 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.57248/jishum.v1i4.249Keywords:
reading skills, reading comprehension, math word problemsAbstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya siswa sekolah dasar dalam memahami soal cerita mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
keterampilan membaca pemahaman terhadap pemecahan soal cerita matematika peserta didik kelas II. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian non-eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes tulis. Hasil penelitian yang diolah menggunakan SPSS Statistic 26, menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika, hal ini ditunjukkan dengan nilai sig lebih dari 0,05 yaitu sebesar 0,696, sehingga tidak adanya pengaruh signifikan keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika.
Kata Kunci: keterampilan membaca, membaca pemahaman, soal cerita matematika