Pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan siswa kelas II pemecahan soal cerita matematika di SDN Kutisari 1 Surabaya

Authors

  • Atifah Tunnihla Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rudi Umar Susanto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Suharmono Kasiyun Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.57248/jishum.v1i4.249

Keywords:

reading skills, reading comprehension, math word problems

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya siswa sekolah dasar dalam memahami soal cerita mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
keterampilan membaca pemahaman terhadap pemecahan soal cerita matematika peserta didik kelas II. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian non-eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes tulis. Hasil penelitian yang diolah menggunakan SPSS Statistic 26, menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika, hal ini ditunjukkan dengan nilai sig lebih dari 0,05 yaitu sebesar 0,696, sehingga tidak adanya pengaruh signifikan keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika.

Kata Kunci: keterampilan membaca, membaca pemahaman, soal cerita matematika

 

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Tunnihla , A., Susanto, R. U., Nafiah, N., Kasiyun, S., & Ghufron, S. (2023). Pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan siswa kelas II pemecahan soal cerita matematika di SDN Kutisari 1 Surabaya . Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(4), 1015–1022. https://doi.org/10.57248/jishum.v1i4.249