Penggunaan Kahoot Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Authors

  • Mualif Hari Wahyudi Mahasiswa
  • Suarman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Gimin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Keywords:

kahoot, media pembelajaran, minat belajar

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berbasis Kahoot sudah banyak dilakukan oleh para guru untuk meningkatkan minat belajar dari siswa. Dikarenakan, pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan generasi berkualitas dan peningkatan taraf hidup dalam masyarakat. Minat belajar siswa memainkan peran kunci dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun, mata pelajaran IPS sering dianggap abstrak dan sulit dipahami oleh siswa, yang dapat menyebabkan penurunan minat belajar. Dalam era globalisasi, kemajuan teknologi mempengaruhi pendidikan, dan media pembelajaran seperti Kahoot menjadi solusi untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest untuk menganalisis perbedaan minat belajar sebelum dan setelah penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot signifikan meningkatkan minat belajar siswa kelas 7 di SMPN 9 Tualang. Perubahan ini didukung oleh hasil analisis uji beda yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest siswa. Hasil ini juga diperkuat oleh analisis N-Gain yang menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dalam kategori tinggi. Penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa Kahoot dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis Kahoot dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah. Media pembelajaran seperti Kahoot dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, interaktif, dan tidak membosankan, yang pada gilirannya meningkatkan minat belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Kahoot efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 7 di SMPN 9 Tualang pada mata pelajaran IPS. Diharapkan bahwa pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi ini dapat digunakan secara luas dalam pendidikan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan memotivasi siswa untuk belajar dengan lebih baik.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Mualif Hari Wahyudi, Suarman, & Gimin. (2023). Penggunaan Kahoot Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 179–194. Retrieved from https://journal.ikmedia.id/index.php/jishum/article/view/300