Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Lufita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Mualif Hari Wahyudi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Suarman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Mujiono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.57248/jishum.v2i4.401

Keywords:

kompetensi sosial guru, kompetensi kepribadian guru, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Bangko Pusako. Kompetensi sosial mencakup kemampuan guru dalam berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif dengan siswa, sementara kompetensi kepribadian mencakup sifat sifat kepribadian guru yang mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrument pengumpulan data pada penelitian menggunakan angket. Data yang dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada siswa jurusan IPS di SMAN 1 Bangko Pusako. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linear berganda untuk melihat pengaruh masing masing variabel independen (Kompetensi sosial dan Kompetensi kepribadian) terhadap variabel dependen (Motivasi belajar siswa). Hasil analisis menunjukan bahwa kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Bangko Pusako. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t dan Uji F menunjukkan hasil signifikansi 0,000. Hal ini menunjukan bahwa nilai signifikansi dibawah <0,05. Dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh kompetensi sosial dan kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa IPS SMA Negeri 1 Bangko Pusako. Kedua variabel ini secara Bersama sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa Jurusan IPS SMAN 1 Bangko Pusako.

Downloads

Published

2024-06-17

How to Cite

Lufita, Mualif Hari Wahyudi, Suarman, & Mujiono. (2024). Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Sekolah Menengah Atas. JISHUM : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(4), 471–486. https://doi.org/10.57248/jishum.v2i4.401