Persepsi Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar Terhadap Program Kampus Mengajar di FKIP Universitas Riau

Authors

  • Mirza Hardian Universitas Riau
  • Risa Makhfuza Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.57248/jishum.v1i2.43

Keywords:

persepsi, mahasiswa, kampus mengajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya program pemerintah yaitu program KM (Kampus Mengajar) yang merupakan salah satu program dari MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Kementrian Pendidikan kebudayaan riset dan teknologi di Perguruan Tinggi. Pelaksanaan Program KM memiliki beberapa permasalahan yang timbul dari peserta kampus mengajar diantaranya kurangnya informasi mengenai Program KM, kurangnya sosialisasi penyelenggara dengan pihak sekolah, tidak terpenuhinya keuntungan mahasiswa peserta KM yang telah dijanjikan. Oleh karena itu sangat perlu di teliti bagaimana persepsi mahasiswa terhadap program KM dan bagaimana kenyataan di lapangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Persepsi Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar Terhadap Program Kampus Mengajar di FKIP Univesitas Riau. Penelitian ini bermanfaat untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program kampus mengajar, mengetahui Persepsi Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar Terhadap Program Kampus Mengajar di FKIP Univesitas Riau, dan menambah referensi bagi peneliti yang ingin membahas dan mengkaji permasalahan yang sama. Metode Penelitianini adalah kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta kampus mengajar angkatan 2 FKIP Universitas Riau yang berjulah 72 orang. Berdasarkan hasil penelitian di dapat data dan informasi bahwa hasil persepsi mahasiswa peserta kampus mengajar terhadap program kampus mengajar di FKIP Universitas Riau ditunjukkan dari hasil rata-rata nilai persentase alternative jawaban responden dominan yaitu sebesar 46,45% pada rentang 25,01% - 50% yang termasuk pada kategori “Cukup Baik”.

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Hardian, M., & Makhfuza, R. (2022). Persepsi Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar Terhadap Program Kampus Mengajar di FKIP Universitas Riau. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 313–322. https://doi.org/10.57248/jishum.v1i2.43