Pemberdayaan Tenaga Layanan Khusus melalui Pelatihan Upskilling untuk Optimalisasi Program Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Erna Fitriatun Universitas Pendidikan Mandalika
  • Sri Erny Muliyani Universitas Pendidikan Mandalika
  • Farida Ariany Universitas Pendidikan Mandalika
  • Muhammad Satria Mulyajaya Universitas Pendidikan Mandalika
  • Indri Susilawati Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.57248/jilpi.v3i4.568

Keywords:

upskilling, , tenaga layanan khusus, anak berkebutuhan khusus, pelatihan pemberdayaan

Abstract

Pelatihan upskilling merupakan bagian penting dari strategi pengembangan SDM untuk meningkatkan daya saing karyawan di era digital. Penguatan kapasitas tenaga layanan khusus menjadi kunci dalam mendukung efektivitas program pendidikan dan intervensi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan tenaga layanan khusus melalui pelatihan upskilling yang terstruktur dan aplikatif, guna mengoptimalkan pelayanan terhadap ABK di lingkungan Sekolah Luar biasa Negeri 2 Mataram. Metode yang digunakan meliputi pelatihan interaktif, praktik langsung, serta evaluasi kompetensi sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta terkait strategi intervensi, komunikasi, serta penggunaan media pembelajaran yang adaptif untuk ABK. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan upskilling merupakan strategi efektif dalam meningkatkan profesionalisme tenaga layanan khusus, sekaligus mendorong terciptanya lingkungan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan anak-anak dengan kondisi khusus

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Fitriatun, E., Muliyani, S. E., Ariany, F., Mulyajaya, M. S., & Susilawati, I. (2025). Pemberdayaan Tenaga Layanan Khusus melalui Pelatihan Upskilling untuk Optimalisasi Program Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 3(4), 395–404. https://doi.org/10.57248/jilpi.v3i4.568