Media Hiburan Sebagai Metode Belajar Bahasa Inggris

Authors

  • Calvin Lingga Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Terbuka
  • Muhammad Zaki Pahrul Hadi Universitas Bumigora

DOI:

https://doi.org/10.57248/jishum.v2i4.411

Keywords:

media hiburan, metode balajar, minat belajar, bahasa inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa banyak murid-murid di Indonesia yang memiliki kelancaran dalam berbahasa Inggris serta untuk mengevaluasi dampak media sekitar terhadap pengetahuan bahasa Inggris di kalangan anak-anak. Fokus utama penelitian ini adalah untuk memahami peran media hiburan seperti film, acara televisi, musik, dan media sosial dalam pembelajaran bahasa Inggris di kalangan murid-murid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Peneliti akan melakukan wawancara langsung dengan murid-murid di setiap kelas di tempat bimbingan belajar (bimbel) yang diajar oleh peneliti. Wawancara ini akan mencakup pertanyaan tentang bagaimana mereka mengetahui bahasa Inggris, sumber-sumber belajar yang mereka gunakan, dan sejauh mana mereka mengaplikasikan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Selain wawancara, selama proses mengajar, peneliti akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk mengamati seberapa banyak murid yang dapat memahami tanpa perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Pendekatan ini bertujuan untuk mengukur pemahaman langsung murid terhadap bahasa Inggris dalam konteks yang lebih praktis dan nyata. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya belajar bahasa Inggris dan mendorong peningkatan minat serta upaya dalam mempelajari bahasa ini. Dengan demikian, diharapkan bahwa penggunaan media hiburan sebagai metode belajar bahasa Inggris dapat lebih diakui dan diterapkan secara luas sebagai strategi yang efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran bahasa.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Lingga, C., & Hadi, M. Z. P. (2024). Media Hiburan Sebagai Metode Belajar Bahasa Inggris. JISHUM : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(4), 497–504. https://doi.org/10.57248/jishum.v2i4.411