Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Seni Musik
DOI:
https://doi.org/10.57248/jishum.v3i2.503Keywords:
Pembelajaran musik, Bahasa Inggris, Ekstrakurikuler, pengembangan vocabulary, kemampuan bahasaAbstract
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang diajarkan secara luas di penjuru dunia. Saat ini, bahasa Inggris berfungsi sebagai alat komunikasi yang penting dan mencerminkan perkembangan budaya dan teknologi global. Maka dari itu, dengan membuat mata pelajaran bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dikemudian hari. Namun, meskipun hampir seluruh sekolah di Indonesia sudah menerapkan mata pelajaran Bahasa Inggris, masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mengembangkan kosa kata atau vocabulary. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan mengintegrasikan musik sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dalam bahasa Inggris terhadap pengembangan vocabulary siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bahasa Inggris. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan cara seperti wawancara, observasi langsung, dan analisis data. Tujuan ini memberikan bukti bahwa media musik dalam bahasa Inggris dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kosa kata siswa, guna mendukung pembelajaran bahasa yang lebih menyenangkan dan efektif.