Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas XI MIA SMAN 2 Rambah Hilir
DOI:
https://doi.org/10.57248/jishum.v1i2.65Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode edutainment terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI MIA SMAN 2 Rambah Hilir. (2) seberapa besar pengaruh metode edutainment terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI MIA SMAN 2 Rambah Hilir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan desain penelitian kuantitatif Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA, di SMAN 2 Rambah Hilir dengan populasi sebanyak tiga kelas yaitu kelas XI MIA 1, XI MIA 2, dan XI MIA 3. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh penggunaan metode edutainment terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI MIA SMAN 2 Rambah Hilir. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai thitung = 2.335 dan ttabel = 1.995. sehingga thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5%. Sementara itu, diperoleh nilai sig. sebesar 0,022 yang menunjukkan 0,022 < 0.05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode edutainment terhadap minat belajar sejarah siswa pada kelas XI MIA SMAN 2 Rambah Hilir tahun ajaran 2022/2023. (2) Besar pengaruh metode edutainment terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI MIA SMAN 2 Rambah Hilir adalah pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode edutainment mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 11.86 dengan nilai pretest 68,17 dan nilai posttest 80,03 dibandingkan pada kelas kontrol hanya mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 6.69 dengan nilai pretest 69.57 dan nilai posttest 76.26. Sebelum diberikan perlakuan, kedua kelas ini memiliki kondisi yang sama. Setelah mendapatkan perlakuan, kondisi kelas eksperimen dengan menggunakan metode edutainment lebih baik daripada kelas kontrol.
Kata kunci: Pengaruh, Metode edutainment, minat belajar, Pembelajaran Sejarah, XI MIA SMAN 2 Rambah Hilir.