Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Menggunakan Media Bulletin Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IPS di SMAN Tuah Gemilang
DOI:
https://doi.org/10.57248/jishum.v1i3.68Keywords:
model pembelajaran, kooperatif scramble, hasil belajar, pembelajaran sejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif scramble menggunakan media bulletin terhadap hasil belajar sejarah kelas XI IPS SMAN Tuah Gemilang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol atau disebut juga sebagai kelas banding. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil dari pre-test dan post-test. Hasil post-test kelas eksperimen sebesar 84,05 dan kelas kontrol sebesar 75,23. Setelah semua data terkumpul diperlukan adanya analisis data. Analisis data yang dilakukan meliputi(1) pengujian terhadap instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, (2) pengujian prasyarat yaitu pengujian sebelum menggunakan t-test dengan uji normalitas, dan uji homogenitas dan (3) pengujian hipotesis dengan uji-t. Hasil uji hipotesis didapatkan t hitung = 3,943 dan t tabel = 1,683 dengan nilai siginifikansi 0,000<0,05. Uji hipotesis penggunaan model kooperatif scramble terbukti bepengaruh dikarenakan hasil dari uji t hitung lebih besar dari t tabel. Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis menyarankan untuk menggunakan model pembelajaran dalam pembelajaran sejarah
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Scramble, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah.