Pengaruh Model Pembelajaran Curah Pendapat Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IX MTs Ittihadul Muslimin Koto Gasib Kabupaten Siak
DOI:
https://doi.org/10.57248/jishum.v1i3.86Keywords:
pengarih, model pembelajaran, curah pendapat, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar PPKn siswa MTs Ittihadul Muslimin. dalam penelitian ini adalah: “Apakah model pembelajaran Curah Pendapat dapat mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa kelas IX MTs Ittihadul Muslimin?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Curah Pendapat terhadap Hasil Belajar PPKn siswa MTs Ittihadul Muslimin”. Penelitian ini dilakukan di MTs Ittihadul Muslimin pada bulan Agustus 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Ittihadul Muslimin. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan teknik “Random Sampling”. Dimana kelas yang diambil menjadi sampel adalah siswa kelas IX.2 (kelas eksperimen) yang diberi model pembelajaran curah pendapat dan kelas IX.3 (kelas kontrol) adalah siswa yang diberi metode konvensional. Kemudian data analisis dengan menggunakan uji homogenitas dan uji-t. Materi pelajaran yang diterapkan dengan model pembelajaran Curah Pendapat adalah materi PPKn kelas IX “Nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran curah pendapat dan metode konvensional di MTs Ittihadul Muslimin hal ini dapat dilihat dari hasil ( > ). Dimana terdapat kenaikan rata-rata hasil belajar PPKn kelas eksperimen dari 65,37 menjadi 79,25 sedangkan rata-rata hasil belajar PPKn kelas kontrol dari 40,92 menjadi 54,07. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh hasil belajar PPKn yang menggunakan model pembelajaran Curah Pendapat dengan Konvensional di MTs Ittihadul Muslimin “DITERIMA”.