Analisis Album Positions Oleh Ariana Grande Tidak Disarankan Bagi Anak Di Bawah Umur: Kajian Terjemahan

Authors

  • Dwi Yuliyanti UniversitasTerbuka
  • Misyi Gusthini Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.57248/jishum.v3i2.481

Keywords:

teknik penerjemahan, album positions, kata baru

Abstract

Penerjemhan merupakan penyampaian pesan dari BSu ke BSa dengan mempertahankan makna asli. Dalam penerjemahan terdapat kendala yang sering menemukan bahasa atau kata tabu karena sulit mnemukan padanan pada BSa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terjemahan album Positions dari Ariana Grande yang liriknya mengandung bahasa atau kata-kata tabu yang tidak disarankan bagi anak di bawah umur. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari membaca lirik lagu serta terjemahannya. Dari data tersebut penulis menggunakan teori Newmark (1988) untuk menganalisis teknik penerjemahannya serta menggunakan teori Jay (1996) untuk menganalisis kata-kata tabu yang terdapat pada lagu tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik album Positions yang dinyanyikan oleh Ariana Grande menggunakan teknik penerjemahan kata-per-kata dan teknik penerjemahan komunikatif. Sedangkan penelitian pada kata atau bahasa tabu yang menggunakan teori Jay (1996)  menunjukkan hasil bahwa ada tiga kategori, yaitu pelecehan seksual, penyebutan nama dan hinaan, dan bahasa vulgar.

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Yuliyanti, D., & Gusthini , M. (2024). Analisis Album Positions Oleh Ariana Grande Tidak Disarankan Bagi Anak Di Bawah Umur: Kajian Terjemahan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 105–112. https://doi.org/10.57248/jishum.v3i2.481